Bisa Ditiru! Begini Cara Investasi dan Jenis Investasinya Ala Nabi Muhammad SAW

- 29 Maret 2024, 11:30 WIB
hewan ternak merupakan jenis investasi Nabi Muhammad SAW
hewan ternak merupakan jenis investasi Nabi Muhammad SAW /magicmomentartwork/Pixabay

PR GARUT – Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang dijunjung dalam Islam. Selain itu, Nabi Muhammad SAW menjadi teladan sempurna bagi umat manusia.

Keteladanan Nabi Muhammad SAW terpancar dari akhlaknya yang mulia, pemimpin yang bijaksana, hingga perannya dalam membangun peradaban Islam. Sebagai utusan Allah SWT, Nabi Muhammad SAW membawa wahyu Al-Quran dan menyempurnakan agama.

Ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW membawa keadilan, kedamaian, serta kesejahteraan bagi manusia. Selain itu, beliau juga seorang pembisnis yang sukses dengan cara mengelola modal dari investor.

Investasi ala Nabi Muhammad SAW

Dijelaskan dalam riset The Rasulullah’s Way of Business oleh Badrah Uyuni, Nabi Muhammad SAW merupakan seseorang yang mendapatkan kepercayaan dari pemberi modal karena sifatnya yang amanah dan jujur.

Baca Juga: Bisa Ditiru! Cara Berbuka Puasa Ala Rasulullah SAW, Begini Urutannya

Beliau juga dikenal sebagai pedagang yang terpercaya dan jujur sehingga mendapat julukan ‘Al-Amin’ yang artinya terpercaya. Oleh karena itu, dari kejujuran dan keahliannya dalam berdagang menarik banyak investor.

Selepas menjalankan usaha dari modal yang telah dikumpulkan, Nabi Muhammad SAW melakukan bagi hasil keuntungan dari usahanya. Hal tersebut disebut dengan mudharabah.

Kemudian, Nabi Muhammad SAW menjalankan bisnisnya penuh dengan etika dan tanggung jawab. Sebab, beliau selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip Islam, seperti keadilan, transparansi, dan kejujuran.

Selain itu, keuntungan yang didapatkannya tidak digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk membantu orang lain dan mengembangkan Islam.

Halaman:

Editor: Hanin Annisa Nuradni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah