Virus Corona Terus Alami Peningkatan, Ini Tips untuk Hadapi AKB

- 16 Juli 2020, 14:23 WIB
Penumpang memakai masker dan pelindung wajah (face shield) di Kereta Api (KA) Ranggajati relasi Cirebon-Jember saat transit di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah, Minggu 14 Juni 2020. PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 bagi penumpang, dengan mengenakan masker dan pelindung wajah, memakai baju lengan panjang atau jaket, serta menunjukkan surat bebas COVID-19 perjalanan KA, selama masa adaptasi kebiasaan baru.
Penumpang memakai masker dan pelindung wajah (face shield) di Kereta Api (KA) Ranggajati relasi Cirebon-Jember saat transit di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah, Minggu 14 Juni 2020. PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 bagi penumpang, dengan mengenakan masker dan pelindung wajah, memakai baju lengan panjang atau jaket, serta menunjukkan surat bebas COVID-19 perjalanan KA, selama masa adaptasi kebiasaan baru. /Maulana Surya/- Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

PR GARUT - Meskipun saat ini telah diterapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB), jumlah kasus virus corona terus mengalami peningkatan.

Mau tidak mau, masyarakat kini harus mulai belajar hidup berdampingan dengan virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Seperti marak disampaikan, bulan Juni merupakan awal diberlakukannya era normal baru, meski beberapa pusat perbelanjaan sudah kembali dibuka, tetap ada peraturan atau protokol kesehatan dan keamanan yang harus dipatuhi.

Baca Juga: Waspada Peretasan, Berikut Tips Lindungi WhatsApp Anda dari Hacker

Psikolog Intan Erlita, M.Psi mengatakan ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam menghadapi era normal baru.

Pertama, Anda harus berdamai dengan kondisi yang terjadi saat ini.

Ketakutan yang berlebihan mulai dihilangkan. Adanya masa normal baru diharapkan masyarakat bisa bangkit dan beradaptasi dengan cara-cara serta aturan baru.

Baca Juga: Bisa Buat Tidur Menjadi Nyenyak, Berikut Cara Redakan Sakit Leher

"Kedua, kita harus tahu aturan-aturannya dari pemerintah. Misalnya boleh keluar rumah tapi harus pakai masker, hand sanitizer, jaga jarak dan jangan ngeyel karena kita harus bertarung sama yang tak kasat mata," ujar Intan seperti diberitakan oleh Pikiran-Rakyat.com pada artikel yang berjudul Dijadwalkan Diberlakukan Mulai Juni, Berikut 5 Tips Penting Hadapi Era New Normal.

Tetap terhubung dengan orang-orang terdekat menurut Intan sangat penting. Namun pada masa normal baru ini, pertemuan tetap dilakukan secara daring bukan bertemu di restoran sebuah mal.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X