UMKM Banyak yang Beralih ke Marketplace Online, BI Ungkap Dampaknya

- 16 Juli 2020, 11:35 WIB
Layanan "Dapur Bersama GoFood" tingkatkan transaksi mitra UMKM sebesar 70 persen. Foto : Antara
Layanan "Dapur Bersama GoFood" tingkatkan transaksi mitra UMKM sebesar 70 persen. Foto : Antara /

PR GARUT - Covid-19 atau virus corona yang saat ini masih melanda wilayan Indonesia, membuat masyarakat harus mencari cara melindungi dirinya dan tetap beraktivitas sebagaimana mestinya.

Selama masa pandemi, masyarakat Indonesia harus beradaptasi dengan pola hidup baru yang berubah drastis dari kebiasaan sebelumnya.

Sejumlah sektor yang terdampak mengupayakan berbagai cara untuk mempertahankan eskistensinya agar berbagai pembatasan sosial selama pandemi tidak menghambat aktivitasnya.Begitu juga yang terjadi kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.

Baca Juga: Masuk Musim Kemarau, BMKG Berikan Status Waspada Kekeringan pada Sejumlah Wilayah

Meteri Koperasi UKM Teten Masduki mengungkapkan, kini banyak para pemilik UMKM terhubung dengan marketplace online demi tetap bisa memasarkan produknya tanpa harus banyak beraktivitas di luar ruangan.

"Marketplace online juga ikut membantu mereka, bahkan seperti makanan yang dijual secara online seperti teman-teman di Gofood misalnya, itu sudah ada dapur bersama," tutur Teten Masduki sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-karawang.com pada artikel yang berjudul Fenomena Peralihan UMKM ke Marketplace Online, BI: Aktivitas Penjualan Indonesia Meningkat 19 Persen.

Teten Masduki menjelaskan, proses produksi UMKM tersebut sudah teruji higienis. Produk yang mereka pasarkan dikemas dengan baik sehingga risiko penularan virus dapat diminimalisir dengan kondisi dapur yang cukup modern.

Baca Juga: Sirkulasi Udara di Ruang Pendingin Berikan Pengaruh pada Covid-19

Selain beralihnya pelaku UMKM lama ke marketplace online, Menteri Koperasi UKM itu juga menyebut adanya fenomena lain yakni menjamurnya UMKM baru yang merupakan karyawan terdampak pemutusan hubungan kerja di sektor industri formal.

Pelaku UMKM baru memutuskan berwirausaha demi membangkitkan kembali kondisi ekonominya secara mandiri.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat Karawang


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X