Dampak Gempa Sumedang: Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak, Pemkab Fokus pada Langkah Penanganan

- 1 Januari 2024, 15:30 WIB
Terowongan kembar Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dikabarkan mengalami keretakan akibat gempan yang terjadi pada Minggu, 31 Desember 2023
Terowongan kembar Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dikabarkan mengalami keretakan akibat gempan yang terjadi pada Minggu, 31 Desember 2023 /

PR GARUT - Menjelang pergantian tahun 2023 ke 2024 Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diguncang gempa bumi berkekuatan 4.8 Magnitudo pada Minggu, 31 Desember 2023 pukul 20.34 WIB.

Akibat guncangan tersebut, dikabarkan jika terowongan kembar Tol Cisumdawu mengalami keretakan.

Adanya hal tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah berkoordinasi dengan pengelola Tol Cisumdawu, yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) terkait kabar keretakan yang terjadi di terowongan jalan Tol Cisumdawu.

Baca Juga: Gempa Guncang Sumedang, 13 Perjalanan Kereta Api Diberhentikan

“Terkait keretakan dinding ‘Cisumdawu Twin Tunel’ di Tol Cisumdawu, Forkopimda masih berkoordinasi dengan pihak pengelola Tol Cisumdawu CKJT, “ kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Antara.

Ia mengatakan dipastikan sementara keretakan tersebut tidak menganggu lalu lintas dan kondisi masih aman terkendali.

“Pihak pengelola melakukan asesment dan tindakan lainnya yang dianggap perlu,” ucapnya.

Baca Juga: Gempa Bumi Magnitudo 4,8 SR Terjadi di Sumedang, Jawa Barat, Rumah di Dusun Babakan Hurip Sampai Rubuh

Pemkab Sumedang Fokus Ambil Langkah Penanganan

Pasca gempa yang terjadi pada Minggu, 31 Desember 2023 itu Pemkab Sumedang fokus mengambil langkah penanganan dan melakukan asesmen dampak bencana, utamanya di RSUD Sumedang.

Halaman:

Editor: Muhammad Dzikrillah Tauzirie


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah