Viral! Video Diduga Detik-detik Jatuhnya Helikopter Presiden Iran Tersebar

- 22 Mei 2024, 01:30 WIB
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat mengunjungi pangkalan angkatan laut Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) di Bandar Abbas, Iran selatan.
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat mengunjungi pangkalan angkatan laut Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) di Bandar Abbas, Iran selatan. /

PR GARUT - Media sosial kembali dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan detik-detik jatuhnya sebuah helikopter. Video tersebut diunggah oleh akun X @MasterKiDs21 dan menunjukkan helikopter yang berputar-putar kehilangan kendali di atas langit. Meski demikian, hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi apakah helikopter tersebut benar milik Iran dan apakah Presiden Iran Ebrahim Raisi ada di dalamnya.

Peristiwa ini terjadi saat Presiden Raisi sedang dalam perjalanan pulang setelah meresmikan sebuah bendungan di perbatasan Azerbaijan. Raisi duduk bersebelahan dengan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian. Turut mendampingi mereka adalah Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, serta beberapa pejabat tinggi Iran lainnya. Dalam perjalanan tersebut, cuaca buruk diduga menjadi penyebab utama kecelakaan helikopter tersebut.

Baca Juga: Usai Diserang Israel Iran Bersiap Terima Jet Tempur Sukhoi Su-35 Rusia, Apa Canggihnya?

Berikut adalah video yang ramaikan media sosial X terkait video detik-detik diduga merupakan helikopter yang ditumpangi Ebrahem Raisi :

 

Menteri Dalam Negeri Iran, Ahmad Vahidi, sempat menyatakan bahwa helikopter tersebut terpaksa melakukan pendaratan darurat akibat kondisi cuaca yang buruk dan berkabut. Namun, sayangnya, pendaratan darurat tersebut tidak berjalan mulus dan berakhir tragis. Diketahui bahwa Presiden Iran, Ebrahim Raisi, beserta pejabat tinggi lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, dan perwakilan Pemimpin Tertinggi Azerbaijan Timur Mohammad Ali Ale-Hashem, ditemukan tewas akibat kecelakaan tersebut.

Sembilan orang yang berada di dalam helikopter tersebut dilaporkan tewas dan tidak ada yang selamat. Kecelakaan ini terjadi di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan dan Iran. Saat itu, helikopter diduga sedang melintasi area pegunungan dengan kabut yang tebal dalam perjalanan pulang. Kejadian ini menimbulkan duka mendalam bagi Iran dan Azerbaijan, serta menarik perhatian dunia internasional.

Baca Juga: Pujian Bojan Hodak untuk Bobotoh, Dukungan yang Fantastis dan Menjadi Motivasi Buat Persib Bandung

Namun, di sisi lain, ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa penyebab kecelakaan ini bukan semata-mata karena cuaca buruk, melainkan karena masalah teknis yang mengharuskan helikopter melakukan pendaratan darurat. Hingga kini, penyelidikan terkait penyebab pasti kecelakaan masih berlangsung. Pemerintah Iran dan otoritas terkait terus melakukan investigasi mendalam untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi.

Halaman:

Editor: Ade Parhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah