Tim Saber Pungli Garut Pelototi Proses PPDB 2024, Laporkan ke Nomer Pengaduan ini Jika Terjadi Pungutan Liar

- 30 Mei 2024, 18:00 WIB
Pendaftaran PPDB dibuka secara online
Pendaftaran PPDB dibuka secara online /

PR GARUT – Menjelang proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024, Tim Saber Pungli Kabupaten Garut semakin intensif dalam melakukan berbagai langkah untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) di sekolah-sekolah. Berbagai langkah strategis dan terukur telah disiapkan demi memastikan proses PPDB berlangsung transparan dan bebas dari praktik ilegal.

Ketua Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Garut, Kompol Dhoni Erwanto, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi di lingkup koordinator wilayah (Korwil) serta pemasangan spanduk bertuliskan "Sekolah Bebas Pungutan" di berbagai sekolah.

“Kami juga membuka posko aduan di Posko Saber, sekolah-sekolah favorit, serta menyediakan layanan pengaduan melalui Hotline Polres Garut di nomor 081113404040,” ujar Dhoni.

Tim Saber Pungli memanfaatkan teknologi untuk memantau dan mencegah pungli, memungkinkan laporan disampaikan secara online melalui website atau WhatsApp Satgas.

Baca Juga: Kepergok Lakukan Pungli di Perempatan Pancalogam, Preman Pasar Ciawitali Garut Diringkus Polisi

"Pemanfaatan teknologi membantu kami merespons laporan dengan lebih cepat dan efisien," tambahnya.

Masyarakat atau orang tua siswa yang menemukan adanya praktik pungli dalam proses PPDB dapat melaporkannya melalui nomor aduan WhatsApp di 081111121516 atau langsung ke Sekretariat Saber Pungli Kabupaten Garut di Jl. Patriot No.33, Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151, lantai 2 gedung PKH.

Pokja Intelijen Diturunkan

Laporan yang terbukti benar akan ditindaklanjuti dengan menurunkan Pokja Intelijen dan meneruskan kasusnya kepada Pokja Penindakan untuk tindakan lebih lanjut.

"Kami memiliki prosedur yang jelas untuk menangani laporan yang terbukti benar, demi memastikan tidak ada pelanggaran yang luput dari perhatian," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Parhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah