Permohonon Ditolak Bawaslu, Aceng Fikri dan Agus Supriadi Gagal Daftar Calon Bupati di Pilkada Garut 2024

- 30 Mei 2024, 16:00 WIB
Aceng Fikri dan Agus Supriadi Gagal Daftar Calon Bupati di Pilkada Garut 2024 usai permohonan sengketa ditolak Bawaslu.
Aceng Fikri dan Agus Supriadi Gagal Daftar Calon Bupati di Pilkada Garut 2024 usai permohonan sengketa ditolak Bawaslu. /

PR GARUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, Jawa Barat, memutuskan untuk menolak dua permohonan sengketa pendaftaran calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kedua permohonan tersebut ditolak karena tidak memenuhi syarat minimal jumlah dukungan yang telah ditetapkan.

"Keputusannya kedua-duanya ditolak secara keseluruhan," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Ahmad Nurul Syahid, usai pembacaan putusan hasil Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut tahun 2024 di Garut, Rabu.

Ahmad menjelaskan bahwa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut berujung pada pengembalian berkas dukungan kepada dua bakal calon, yaitu Agus Supriadi dan Aceng HM Fikri, karena tidak memenuhi syarat jumlah dukungan.

Kedua bakal calon tersebut kemudian menindaklanjuti pengembalian berkas dukungan ke Bawaslu Garut. Namun, hasil sidang musyawarah penyelesaian sengketa menunjukkan bahwa permohonan mereka ditolak.

Baca Juga: Jumlah Exit Tol Getaci di Tasikmalaya: Total Akan Ada 4 Exit Tol, 2 Siap Dibangun dan 2 Dalam Perencanaan

"Alasan penolakan pertama dilihat di fakta-fakta sidang, yang kedua memang pada tanggal 12 Mei 2024 pukul 23.59 jumlah dukungan tidak terpenuhi," kata Ahmad.

Ia menyatakan bahwa jumlah dukungan masyarakat yang harus dipenuhi oleh bakal calon dari jalur perseorangan minimal sebanyak 129.939 dukungan, yang dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) pendukung.

Penyebab Gagalnya Pencalonan

Menurut Ahmad, berdasarkan hasil fakta sidang, pemohon Aceng Fikri tidak memenuhi jumlah dukungan yang disyaratkan, sedangkan pemohon Agus Supriadi tidak menyerahkan jumlah dukungan sampai batas waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Bansos Cair Hari Ini PKH dan BPNT, Segini Bantuan yang Diterima Lewat Rekening Himbara

Halaman:

Editor: Ade Parhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah